Cara Mengatasi Kehamilan Di Luar Kandungan

Tips atau cara mengatasi kehamilan di luar kandungan termasuk kedalam hal yang penting untuk diperhatikan, mengapa demikian? Karena kehamilan di luar kandungan atau yang dikenal juga dengan kehamilan ektopik merupakan suatu kehamilan yang berbahaya, karena pada kehamilan tersebut janin tidak akan tumbuh dan berkembang serta hidup lebih lama. Kehamilan ektopik adalah kehamilan yang terjadi karena sel telur yang telah di buahi mengalami implantasi yang berada di saluran uterus, dan apabila sel telur tersebut terus menempel pada uterus maka sel telur tersebut akan pecah karena perkembangan embrio.


Gejala kehamilan ektopik dapat terlihat atau terasa jika kehamilan sudah menginjak usia enam hingga sepuluh minggu, dan berikut ini adalah beberapa gejala yang kehamilan ektopik yang dapat diperhatikan. Gejala umum yang pertama adalah sering mengalami rasa nyeri pada bagian bawah perut, dan gejala yang kedua adalah sering tidak sadarkan diri atau pingsan. Gejala umum yang ketiga adalah sering mengalami pendarahan seperti ketika masa menstruasi, dan yang terakhir adalah mengalami rasa sakit pada bagian sisi pinggul kiri atau kanan.

Bagi ibu hamil yang mengalami gejala-gejala tersebut sebaiknya segera periksakan kandungan dan melakukan konsultasi pada ahli kandungan agar dapat dengan segera di tangani secara intensif. Kehamilan ektopik terjadi karena beberapa faktor, dan yang paling sering terjadi adalah karena terjadi infeksi pada saluran fatopi. Salah satu cara mengatasi kehamilan di luar kandungan adalah dengan Laparoskopi, cara tersebut adalah sebuah metode pengembangan operasi yang menggunakan sebuah jarum yang dimasukan/ditusukan pada bagian perut yang dibantu oleh alat USG sebagai panduan nya.

Biasanya cara operasi tersebut dilakukan jika kehamilan tersebut sudah berukuran lebih dari 3cm, dan biasanya juga akan dibantu juga oleh konsumsi obat-obatan. Pelajaran yang dapat di ambil dari kejadian kehamilan tersebut adalah janganlah pesimis untuk dapat hamil kembali, tetaplah berusaha, berpikiran positif, dan selalu memohon pada Yang Maha Kuasa. Demikian di atas tadi adalah sedikit tips dan cara mengatasi kehamilan di luar kandungan, semoga sedikit ulasan diatas dapat membantu dan memberikan informasi yang bermanfaat bagi ibu-ibu semuanya.

0 komentar:

Post a Comment